Perjalanan Musik ku!!

2001-2003
Waktu SMA aku hobi banget main game Play Station yang berjudul musik 2000. Gila tu bukan game! Tapi udah kayak software buat bikin musik, sayang cuma bisa disimpen di memory card PS. Awalnya cuma ngemix dari pattern yang sudah ada tapi lama-lama dengan pengalaman ber-do remi akupun mulai bikin not-not sendiri hingga jadi beberapa lagu yang waktu itu masih techno abizz.

2003-2004
Trus sambil aku nyari-nyari versi PCnya waktu kuliahan, aku nemuin sonic foundry ACID. Tapi ini lebih kayak Auda city punya banyak cannel tapi tapi buat mixing aja ga bisa naruh not apa-pun. Tapi aku sempet make juga buat ngerekam suara dari keyboard(YAMAHA PSR 200)ku yang terhubung line-in. Hingga jadi satu album berjudul Last Graceful Word. Yang isinya suara keyboard+ drum bawaan keyboard doank! Tapi ini lumayan lho, kapan-kapan aku upload! Tapi albumku yang ini banyak bertema tentang love termasuk ada satu judul yang berisi nama seseorang yang... huh forget it...

2004-2005
Kemudian pas tahun 2004 aku nemuin FL Studio. Memang rumit! Tapi dengan menghabiskan 1 tahun buat ngutak-ngatik akhirnya aku lumayan bisa mainin piano roll-nya. Cuma gara-gara itu aku mati-matian beli MIDI Controller M-Audio Keystation(tapi yang 49e doank) & terciptalah album misfortune!! Tapi album ini masih terlalu techno & kurang memuaskan buatku. Jadi aku anggap eksperimental project. Tapi di album ini banyak banget solo gitar maupun synth yang aku mainin ngawur dari MIDI controller yang ga bisa aku mainin ulang lagi. Jadi aku mutusin bikin lagu yang sederhana yang penting bisa dimainin ulang. Album ini aku udah upload di last.fm ku tapi ga aku taruh di samping blog.

2006-2007
Aku mati-matian mempelajari plug-in Slayer dari FL Studio buat bikin nada gitar yang baik. Dari sana juga aku kenal ama yang namanya AUTO CHORD & POWER CHORD pada gitar & gemana cara nyocoinnya dengan Not Balok. Akupun sempet baca-baca buku gitar, cuma buat tau do re mi dalam gitar. Tapi hingga kini aku ga bisa main gitar lho!! Dari sana aku juga back to mikirin keyboard, ah klo bunyi string udah biasa, jadi aku coba bikin lagu yang banyak bunyi chruch organnya & jadilah album Hate trip yang Gothic Rock Banget!! Bener ni album favoritku karena nuansanya gelap banget!! Di lagu "last hope" & "lose everything" ada bunyi kayak gitar akustiknya tapi masih jauh dari kata sempurna jadi aku mix dengan bunyi synthesizer. Oya di album ini baru aku ngerti juga asyiknya make 3 buah tom dalam drum!! Dengerin lagu "Blinded" atau "punish", menurutku drum-nya enak banget! Album ini cukup sedikit unsur technonya kecuali lagu "chess"

2007-2008

Aku download FL Studio versi 7 & wahh aku nemuin banyak banget tambahan keren! Terutama Soundfont Playernya yang keren banget!! Dari sana aku bisa nambahin bunyi gitar akustik yang menurutku sangat memuaskan. Dengerin aja lagu "sorry i've lie","personal heaven" pada album personal heaven! Tu asli ga ada make gitar sama sekali cuma ngandalin programming doank lho!! Tapi di album ini nuansa techno-nya agak balik lagi, itu tampak di lagu "seed" yang juga sebagi lagu andalan + pembuka. Lagu paling keren dalam album ini adalah "Burn Me" yang nuansanya gothic symphonic banget!! Ini mungkin my best song sepanjang masa dech!! Di album ini juga aku belajar ngatur damp gitar di slayer jadi gitarnya lebih terdengar dinamis.

2008-sekarang
Aku keasyikan main soundfont player sehingga bikin versi akustik/orkestra dari dua lagu andalanku yaitu "Blinded" yang jadi nuansa oriental dengan bunyi seluring shaku-nya & "burn me" yang punya nuansa orchestra + gitar akustik yang sejuk banget!! Aku juga lagi garap album ketiga yang rencana-nya lebih banyak menggunakan rhodes(epiano) & akustik gitar(sitar).

So inilah perjalan musikku. Music is my live!!

1 comment:

Anonymous said...

wah tebakan-ku emang jitu khan??uda jelas si soalnya pelakunya..common secret..rahasia umum..bagi2 lah ilmu fuzzy logicnya, aq belum bisa nentuin kriterianya, itu subyektif bgt kan?

aq dah coba donload, dan yang fully can be downloaded only the song you called personal heaven, quite good composition and very calm yet surprising with the effect..(i dont know how'd you do that but its kinda cool)..why dont you send me all full version to my email..